Vihara Avalokitesvara – Banten Lama

Liburan natal tahun ini dihabisin dengan mengunjungi kawasan wisata di Banten Lama. Tentunya tujuan utama adalah mengunjungi Vihara Avalokitesvara atau dikenal juga dengan Kwan Im Bio. Setelah browsing mencari rute yang paling dekat dari tempat kerja di Ciujung, maka dimulailah perjalanan spiritual tersebut. Sempat khawatir nyasar ke tempat lain tapi dengan kenyataan dan tujuan yang baik maka kekhawatiran tersebut pun berubah menjadi semangat yang membara mengapai tujuan, walaupun cuma menggunakan sepeda motor pinjaman.

Perjalanan dimulai dari Ciujung menuju ke arah Serang tepatnya dipintu tol Serang Timur (kira2 30 menit dengan kecepatan santai). Diperempatan menuju pintu tol Serang Timur belok ke kiri menuju Jl. Armada. Tidak lama kemudian belok ke kiri lagi ke Jl. Ayip Usman (perhatikan petunjuk jalan ditepi jalan menuju Banten Lama). Lurus melewati Jl. Ayip Usman tersebut walaupun banyak perempatan. Sampai akhirnya ada pertigaan, ke kiri ke Kota Serang dan ke kanan ke Banten Lama, Jl. Banten Lama. Cukup panjang juga jalan tersebut tapi lurus saja sampai akhirnya ada petunjuk jalan belok ke kiri 500 m ke Banten Lama. Karena mengikuti plank nama tersebut saya nyasar ke Masjid Agung. Yauda sekalian lihat2 ke dalam bentar terus tanya tukang parkir dan jalan lagi. Ternyata nyasar lagi tanya lagi. Akhirnya sampai juga sih.

Kwan Im Bio Banten Lama

Seharusnya pas ada plank nama tersebut kita lurus saja ke Karangantu, melewati pasar belok ke kiri. Disebelah kanan terdapat sungai dengan banyak sekali perahu-perahu kecil. Belok ke kiri lagi dan lurus sampai sebuah Benteng kuno belok ke kiri, terus belok ke kanan sampai pertigaan belok ke kanan lagi. Jadi Kwan Im Bio itu tepat berada dibelakang Benteng tersebut. Lebih kurang 30 menit dengan kecepatan santai, bisa lebih cepat sih kalau tidak nyasar.

Setelah parkir motor pinjaman, saya masuk ke dalam. Ternyata lagi renovasi. Karena sudah datang sekalian sau xiang dan setelah itu keliling2 ambil foto. Ternyata luas juga. Ada perpustakaannya, ada tempat santainya, gazebu (benar gak ya tulisnya). Ada penginapannya juga buat yang mau bermalam disitu. Tambahan info, air disana sedikit asin padahal bening dan dingin. (ms)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: