selama di tk unri

wah, ternyata sulit sekali mau nulis kesan dan pesan selama kuliah di teknik kimia unri…. padahal kemarin pas wisuda sudah janji ama adek2 himateki, kesan pesannya liat aja di blogku…. anyway, apa adanya aj deh….😀

kalo ditanya secara langsung, jawabannya biasa aj…. gak ada yg special kok di tk unri…. hehe….😀 but setelah dilalui ternyata cukup mengesankan…. pertama kali kuliah aj sudah cukup mengesankan…. bisa bersama2 dengan temen2 atk2003 yang hebat tenan…. awalnya dikit kaku juga neh…. ternyata dunia ini besar, masih banyak org2 hebat, ada yg dari smu plus pekanbaru, sma 1, sma 8, man 2 dll. namun saya gak mau kalah begitu aj, tidak mau membuat malu nama sma 4 karimun (yg katanya merupakan sma plus nya karimun, hehe….), dg ketekunan, rajin dan kerja keras saya, akhirnya saya memetik hasilnya sekarang…. menjadi pemuncak prodi teknik kimia fakultas teknik unri pada wisuda s1 ke-79….

perjalanan menuju wisuda cukup panjang, 4 tahun 10 bulan (dg anggapan mulai masuk kuliah bulan sept 2003, lulus juni 2008). semester I dan II dilalui dengan biasa, rute yg dilalui cuma kampus (ruang kuliah) –  askar (asrama karimun), kadang pergi makan dg temen2, ip yg terus naik, lebih banyak waktu yg dihabiskan di askar dibandingkan dikampus. semester III dan IV, mulai memasuki organisasi himateki unri, mulai perluas rute, ini mengakibatkan ip terjun bebas, tapi ini tidak berlangsung lama, semester selanjutnya langsung diperbaiki dan nilai E pertama juga didapat😀. semester V dan VI, lebih mendalam di himateki dan lebih fokus pada labtek. semester VII dan VIII, sudah tingkat akhir, mengambil program co-op pengganti kukerta, tugas pra rancangan pabrik. semester IX dan X dihabiskan dengan penelitian, kerja praktek dan tugas pra rancangan pabrik yang menyita waktu 3 semester. selama kuliah, sering memperbaiki nilai ipk dengan mengambil kuliah dengan adik2 kelas. selagi bisa perbaiki, perbaiki aj, ngapain malu2…. berpartisipasi dalam sntk topi, kunjungan industri yg menambah wawasan ke halliburton, ikpp, semen padang, dll

intinya setiap orang ada kelebihan dan kekurangan, jadi asah terus kelebihan anda, tinggalkan jauh2 kekurangan anda…. where there’s a will there’s a way…. ingat itu….

sebenarnya kalo mau sukses di tk unri cukup menguasai komputer, matematika dan english…. cukup simple but practise nya tidak segampang teori…. komputer merupakan alat bantu utama dalam menyelesaikan kuliah khususnya tugas pra rancangan pabrik…. dunia komputer cukup luas, tidak harus menguasai semua program komputer, untuk ms office cukup menguasai ms. word, excel and powerpoint. dengan menguasai ketiga ini terutama excel maka tugas pra rancangan pabrik bukan menjadi masalah lagi…. then software teknik kimia juga penting, kalo bisa kuasai salah satu software teknik kimia, misalnya hysys, chemcad, aspenplus etc….

untuk matematika, sebenarnya menjadi sosok yg menakutkan bagi sebagian besar orang…. contohnya matematika teknik kimia, menyelesaikan model yg begitu rumit, ditambah tidak menguasai konsep dasar or filosofinya, langsung down melihat soalnya…. intinya latihan, latihan and latihan…. tiada hari tanpa latihan…. begitu juga dengan english…. dmana2 membutuhkan english, tidak hanya reading atau writing, yg lebih penting speaking…. contohnya pas di interview baru2 ini, disuruh speak in english…. cape deh….

apakah selain komputer, matematika and english yang lainnya tidak dibutuhkan?…. yup, yg lain diperlukan juga…. intinya harus saling mendukung…. contoh: makul matematika, anda hanya jago menghitung but tidak jago english…. maka anda tidak akan mengerti konsep yg dijelaskan dalam buku tsb….

jadi, pelatihan2 yg diadakan himateki sudah cukup bagus, tetapi masih harus ditingkatkan, apalagi studio pra rancangan pabrik akan dibangun. pelatihan2 basic seperti ms excel sangat dibutuhkan untuk membuat spreadsheet neraca massa dan neraca energi, jadi menghemat waktu pra rancangan pabrik. usul ini pernah diusulkan oleh mantan bupati himateki rosyadi…. pelatihan basic lainnya masih banyak, inilah yg harus diusahakan oleh himateki unri….

2 Responses to selama di tk unri

  1. azmi says:

    ne bg martin ya???
    pa kabar??
    katanya dah kerja y…
    d mana???
    kasih info donk

  2. azmi says:

    ne bg martin ya???
    pa kabar??
    katanya dah kerja y…
    d mana???
    kasih info donk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: