Penelitian (3)

Akhirnya datang juga…. Hari yang menegangkan, sampai2 tidak bisa tidur dengan nyenyak malam sebelumnya. Menghayal aj, ntah kemana2…. Pagi2 saya telah menyiapkan diri, jam 6.30 sudah dikampus, padahal waktu seminarnya jam 8…. Sambil sarapan pagi di kampus, baca2 kembali laporan penelitian. Waktu telah menunjukkan 7.30, tapi di kampus masih sepi. Tidak lama kemudian, icha aka lisa meifresia datang, yang akan seminar hasil juga pada hari ini jam 8.30. Saya menitip konsumsi alias snack untuk dosen2. Sebenarnya penyediaan snack or makan tidak diwajibkan tetapi sudah tradisi turun temurun. Awalnya sih tidak mau kasi snack, tapi karena pertimbangan seminar hasil adalah seminar terakhir, maka saya merelakan dengan ikhlas untuk diberikan snack apa adanya [Van Holland]. Kami bersama2 mempersiapakn perlengkapan yang diperlukan, tapi karena sesuatu hal, tempat seminar di change.

Jam 8, masih sepi juga, padahal sudah tiba waktunya. Sempat calling dosen pembimbing tetapi tidak diangkat. Terasa sedikit kwatir. Dosen penguji sudah tiba di tempat. Menunggu sambil calling pembimbing, akhirnya datang juga semua. Acara dimulai. Perasaan yang lebih santai dibandingkan seminar proposal dulu. Kali ini, pak syaiful yang mendapat giliran pertama menguji saya. Karena pada saat seminar proposal beliau tidak bisa menguji, maka perasaan tidak enak aj. Cukup menegangkan saling beradu argumen tentang analisa dengan GC, gas chromatography. Giliran berikut pak chairul. Pak chairul selalu membawa saya merasa santai pada saat beliau menguji. Beliau memancing2 dulu baru sambil menguji, sehingga membuat suasana tidak seperti di medan perang tetapi diskusi biasa di kelas. Sungguh luar biasa.

Seminar hasil ini tidak terlalu lama, sama seperti seminar proposal dulu. Sambil menunggu hasil seminar dari diskusi sesama dosen, saya keluar sekejap dengan temen2 lain yang tidak terlalu rame. Maklum, daripada ada kesibukan sendiri2. Dan tidak terlalu lama, saya kembali dipanggil dan diberitahukan hasil seminar tadi. Dan saudara Martin, anda dinyatakan lulus. Dalam hati saya berkata, puji syukur xie xie Lao Mu ce pei…. thanks God….

end

Leave a Reply

