Penelitian

Penantian yang panjang, lebih kurang 2 tahun….

Judul penelitian minyak atsiri kulit kayu manis ini telah lama diberikan, yang awalnya berkolaborasi dengan Azwira, tetapi karena pergantian kurikulum maka berdampak pada sistem kolaborasi yang selama ini diganti dengan sistem sendiri2. Akhirnya kami pencar, saya masih tetap dengan judul diatas sedangkan Azwira mendapatkan judul baru untuk pengembangan kampungnya sendiri mengenai nira nipah.

Awalnya melakukan pra-penelitian dengan banyak sekali trial-and-error, akhirnya pada akhir tahun 2007 dipastikan judul dan variabel yang akan dipelajari. Proposal telah siap dan awal tahun 2008, tepatnya 14 Januari maju seminar proposal untuk menentukan apakah layak dilanjutin ke tahap penelitian.

Perasaan was2 dan perasaan lainnya bercampur, persiapan telah dilakukan sejak beberapa minggu sebelum seminar dengan simulasi2 sendiri. Dan beberapa hari sebelum seminar telah mengkonfirmasi dosen penguji dan peralatan yang diperlukan. Sempat merasa senang juga karena salah satu penguji, Pak Said tidak bisa hadir, yang berarti cuma 2 orang penguji, Pak Syaiful dan Pak Chaerul. Haha 100x…. Tapi pagi itu, entah kebetulan atau apa, Bu Em yang baru pulang dari Umroh ditawari koordinator penelitian saat itu Pak Des, dan Bu Em bersedia menguji saya. Dengan rasa PD yang lumayan dan dengan santai dan perasaan lainnya, akhirnya seminar proposal itu dimulai.

Seminar proposal berjalan dengan lancar dan tegang, tetapi pertanyaan pertama dari Pak Chaerul memecah ketegangan suasana karena tawa ria saya yang asal2an menjawab soal mengenai panen kulit kayu manis. Selanjutnya giliran Bu Em yang menguji.

Bu Em tidak banyak bertanya, coba memaparkan bahwa variabel2 berubah dalam proposal saya terlalu banyak, akan membutuhkan waktu yang lama. Itu penelitian untuk S2 bukan S1. Jadi, intinya Bu Em mengurangi variabel berubah saya. Setelah itu, giliran Pak Syaiful. Pagi itu, Pak Syaiful memang belum kelihatan juga, karena lagi ngajar mata kuliah Kimia Koloid dan Permukaan. Karena itu, sidang seminar proposal dilanjutin dengan diskusi antar dosen untuk menentukan apakah layak atau tidak penelitian tersebut dilanjutin dan mahasiswa dipersilakan keluar.

Pada saat saya dan temen2 keluar, Pak Syaiful datang dan bergabung dengan dosen lainnya. Tunggu dan tunggu lebih kurang 30 menit, akhirnya diputuskan bahwa layak dilanjutin ke tahap penelitian dengan perubahan2 yang cukup signifikan, dari yang awalnya 3 variabel berubah menjadi 1 variabel berubah. Saya senangnya bukan maen…. haha 100x….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: