Kerja Praktek (new)

Apa sih sebenarnya kerja praktek????

Setelah melakukan kerja praktek lebih kurang 2 minggu, rasa2 nya cuma meliat2, menganggu org di pabrik aj yg lagi sibuk melulu,, ya minimal bisa melihat langsung deh, seberapa besar alat2 yg digunakan, seberapa bisingnya di pabrik itu, seberapa baunya di pabrik itu,, wah, sungguh luar biasa….

Mungkin para pembaca binggung?? Saya sendiri juga binggung!! Pada tanggal 18 Februari 2008 dengan bantuan oom Posma (temen seangkatan, 2003), Bapak Fredy Manurung terus bantuan Bapak Deni (Humas Asian Agri Pekanbaru), kami diterima untuk kerja praktek di PMKS I Buatan PT. Inti Indosawit Subur (Asian Agri Group), sebuah pabrik pengolahan TBS menjadi CPO dan Kernel di Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Setelah mendapatkan surat panggilan pada tanggal 20 Februari, dan kami menandatangani surat pernyataan, maka kami resmi diterima untuk kerja praktek di pabrik tersebut. Pada tanggal 22 Februari kami survei tempat kerja praktek karena kami belum tahu tempatnya. Pada tanggal 25 Februari kami pertama kali menginjakkan kaki ke PMKS I Buatan, dan mulailah perjuangan kami selama 1 bulan di sana.

Kami adalah mahasiswa teknik kimia unri angkatan 2003, dengan nama: Martin, Azwira dan Eka Putra Ramdhani.

Pada awal kerja praktek, kami yang belum mengerti apa yang harus kami lakukan, dan orang pabrik juga tidak tahu apa yang harus dia lakukan, maka kami saling sharing/diskusi mengenai kerja praktek ini. Setelah mendapat titik temunya, kami ditugaskan untuk mempelajari proses produksi CPO, meninjau langsung alat2 prosesnya, IPAL, perkebunan inti, Land Application, Laboratorium.

Kami membuat schedule kegiatan selama 4 minggu di PBS (PMKS Buatan Satu). Minggu I kami menyesuaikan diri dengan lingkungan pabrik dan mempelajari aliran proses pengolahan TBS menjadi CPO dan Kernel. Disini kami dibantu oleh Mr. Ismeth. Kami juga mulai overview ke lapangan. Stasiun yang pertama kami kunjungan adalah stasiun timbangan. Disinilah tempat menimbangkan TBS yang masuk ke dalam pabrik, cangkang yang diangkut keluar pabrik, dll.

Pada minggu II kami melanjutkan overview ke stasiun sortasi, stasiun loading ramp, stasiun sterilizer, stasiun threshing, stasiun pressing, stasiun klarifikasi, stasiun kernel, stasiun boiler, stasiun incinerator, dan stasiun lainnya. Garis besar dari masing2 stasiun adalah pemisahan secara fisika. Disini kami dibantu oleh asisten pembimbing lapangan Mr. Jarot.

Pada minggu III kami melanjutkan overview ke stasiun penampungan air limbah sementara, IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), LA (Land Application) di areal perkebunan inti. Disini kami dibantu oleh Mr. Karim. Dan terakhir kami overview ke laboratorium. Di tempat inilah kami mendapatkan data2 pendukung untuk penyelesaian laporan kerja praktek. Disini kami dibantu oleh Mr. Mulyadi.

Pada minggu IV kami menfokuskan pada laboratorium untuk mendapatkan data2 serta membuat laporan kerja praktek. Setelah diskusi panjang lebar dan revisi yang berulang2 akhirnya laporan kerja praktek layak dilanjutkan ke dosen pembimbing di kampus.

Setelah selesai kerja praktek di PBS, kami melanjutkan perjuangan kami dikampus dengan dosen pembimbing yang berbeda2. Diskusi dan diskusi dengan dosen pembimbing di kampus. Revisi demi revisi telah dilakukan dan akhirnya tibalah saat pengambilan nilai oleh dosen pembimbing. Penguasaan materi yang kurang berakibat harus menambah waktu belajar dan mendapat tugas tambahan.

Akhirnya laporan kerja praktek di jilid dengan hard-cover berwarna kuning sebanyak 6 laporan. 2 untuk pabrik, 2 untuk jurusan, 1 untuk dosen pembimbing dan 1 untuk saya sendiri. Setelah selesai menjilid, saatnya meminta tandatangan dari dosen pembimbing dan ketua jurusan. Tanpa diduga, meminta tandatangan ini membutuhkan waktu lebih kurang 3 minggu yang dikarenakan ada musibah yang menimpa dosen pembimbing di kampus.

Setelah selesai semua, pada tanggal 5 Mei 2008, kami berangkat kembali ke PBS meminta persetujuan laporan kerja praktek kami dan pamitan. Ternyata, kami harus menunggu lebih kurang 6 jam untuk mendapatkan tandatangan pembimbing lapangan dan manajer PBS.

Puji syukur yang tiada hentinya kepada yang maha kuasa. Terima kasih kepada dosen pembimbing, Mr. Jhon A.P., dosen pembimbing lapangan Mr. Sugiyana, serta semua pihak yang telah membantu kami, yang kalau disebutkan bisa2 jadi 1 karya tulis😀

Mohon maaf apabila nama anda belum ditulis disini.


3 Responses to Kerja Praktek (new)

  1. onedayathought says:

    Ngak perlu takut.. Kerja lagi menanti anda..

    Biasanya pertama kali kerja memang kayak gini(hendri = orang berpengalaman).

    Lama2 lu udah familiar baru kerjanya jadi banyak..

  2. Mahmilan says:

    Mas,
    Bisa minta email addres atau kontrak number dari Bp. Sugiyana uang di Asian Agri.
    Beliau sepertinya teman SMA saya, yang sudah lama sekali nggak ketemu.
    Terimkasih.

    Mahmilan

  3. […] juga alat penelitian. Waktu tinggal sedikit lagi, sekarang sudah bulan awal mei. [bulan feb-mar kerja praktek di PBS]. Beli bahan kulit kayu manis di Gudang kulit kayu manis CV. Damarco, Arengka Atas. Dengan bantuan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: