Tahun 2070

Apa yang terjadi pada tahun 2070?

Mungkin dalam pikiran kita semua, pada tahun 2070, peradaban kehidupan manusia sudah sangat canggih sekali, semua serba komputerisasi, tidak akan ada masalah lagi tentang kemacetan lalu lintas yang membuat kita jenuh, tidak ada lagi masalah dengan jarak, semuanya dapat ditempuh dengan waktu yang singkat, dan mungkin tidak ada lagi korupsi di dunia ini.

Berikut ini ada sebuah surat dari kawan kita pada tahun 2070.

Surat Dari Teman di Tahun 2070

“Mengapa harus minum air putih banyak-banyak. .?”

Well, sebenarnya jawabannya cukup “mengerikan” tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sbb:

Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air.
Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah :

Otak dan Darah. !!

Otak memiliki komponen air sebanyak 90%,
Sementara darah memiliki Komponen air 95%.

Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.

Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter
sehari…?

Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya…?
Dengan jalan “menyedot” air dari komponen tubuh sendiri.Dari otak…?

Belum sampai segitunya (wihh…bayangkan otak kering gimana jadinya…), melainkan dari sumber terdekat : Darah. !!

Darah yang disedot airnya akan menjadi kental.
Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer.

Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah)
Ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah.
Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.

Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai
bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah.

Eh, tadi saya sudah bicara tentang otak ‘ kan…?

Nah saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi “encer”, dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya..(ya wajarlah namanya juga kurang makan…)

Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya ambah berat bila darah mengental… ),maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.

Sekarang tinggal anda pilih: melakukan “investasi ” dengan
minum sedikitnya 8 gelas sehari- atau- “membayar bunga” lewat sakit ginjal atau stroke.

Anda yang pilih…!

8 Responses to Tahun 2070

  1. onedayathought says:

    PPT nya gak jalan

  2. Martin Siet says:

    hehe….😀
    sorry, technical problem
    ud bisa kok sekarang….

  3. onedayathought says:

    Ok.. OK.. Thanks..

  4. onedayathought says:

    Kok surat mu ngak sama dengan apa yang lu post.

    Haha…Anyway, masa depan itu yang surat itu mgkn bisa mendatang. Sedih..

  5. Martin Siet says:

    yup, i mean maybe that what we think is not same with fact in the future….
    pai seh😀

  6. onedayathought says:

    Oh.. Ini translasi dari artikel yang bagus kamu. http://onedayathought.wordpress.com/2007/09/30/the-important-of-water/

  7. Martin Siet says:

    exactly not my article, i just copy paste from my email message,😀

  8. onedayathought says:

    Haha.. cincai lar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: