exam vs honest….

exam on this semester already finished, but our project about methanol plant design not yet finished,, maybe need one more semester to finish that project….

sharing pengalaman ujian semester ini….

kita ketahui semua larr,, ujian pasti sering di bayangi dg aksi2 penyontekkan baik yg udah profesional, yg amatir, pasti gak akan bakal ketinggalan pas ujian, termasuk ujian kali neh….

tahun ini dikampus tercinta ini menerapkan sistem pengawasan selain dosen, artinya selain dosen, ada juga pegawai lain yg ikut mengawas ujian yg one class only have 40 student. ya, planning nya sih bagus, but aplikasi nya kayaknya harus di evaluasi lagi, masih banyak terdapat penyimpangan2.

semakin ketatnya pengawasan pada saat ujian seharusnya akan meningkatkan quality mahasiswa nantinya (quality control terjamin), namun bagi sebagian dosen tidak dipermasalahkan kecurangan yg terjadi, mgk karena dulunya juga membuat kecurangan, ato pingin nilai mahasiswa yg diajarnya dapat nilai tinggi semua. ya kalo di pikir2 sih menguntungkan mahasiswa, but for a long planning mgk nantinya pas di dunia kerja, mantan mahasiswa tersebut membuat kecurangan juga karena sudah terbiasa, bisa jadi korupsi agar cepat berhasil dan duit banyak,, banyak kok contoh kasusnya…. (find by urself!!!!)

exactly, kecurangan pas ujian bagi saya bisa aja kok, yg penting masih di wajar, tidak melampau limit yg kita tentukan, seperti bagi saya tidak akan pernah bawa catatan2 kecil then simpan di saku ato dimana aj lar untuk nyontek, then hasilnya dapat nilai bagus, tapi kan kecurangan besar tuh. ya, sewajarnya aj lar, eh no 1 tuh rumusnya apa, saya lupa le, liat donk,, abis liat rumus ya, kerjain sendiri lar, kan udah besar (gede), masak nyontek melulu,, bahkan ada juga yg menyalin abis (copy paste) isi temen ke kertasnya…. hehe….

memang bener, gak pernah bawa catatan kecil???? exactly pernah sih bawa, tapi itu dulu waktu masih sd, belum tau apa2 sih, belum mengenal 100% hati nurani,. namun, setelah itu, merasa tanpa catatan kecil, tiada artinya diriku ini, maka dari itu gak pernah bawa catatan kecil dan tidak ada nyali (ga berani) takut ketahuan, malu kan….

sering juga pas ujian gak belajar, mengharapkan temen2 dapat memberikan jawabannya tapi pas ujian, temen2 daripada sibuk sendiri, yah, akhirnya ga dapat jawab, dapat nilai jelek, dan finally i bertobat deh, masalah itu, lebih bagus belajar sendiri, yg penting sudah berusaha, nilai bagus ato jelek sih separohnya tergantung dosen kok,, :))

One Response to exam vs honest….

  1. rinadha says:

    Comment for martin…

    Just be honest w/ yourself.. Believe me you won’t regret a thing. Cause, it’s what you are capable of, well… it does matter if you got C’s or D’s but if that’s the best you can do for the time, who cares??? At least you don’t have to be responsible for any B’s or A’s that you got by, roughly said, cheating.. Right?

    So keep the optimistic atmosphere strong.. You can do it.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: