Hong Kong Tour

26 April 2010. Jam 3 subuh, persiapan. Jam 4, menuju airport. Jam 5an check-in dan antri panjang ngurus paspor. Jam 6an boarding ke china airlines. Jam 7 kurang pesawat take-off menuju Hong Kong.

Perjalanan diudara lebih kurang 5 jam dengan fasilitas china airlines tipe ekonomis: tempat duduk yang nyaman, safety belt, bantal, selimut, headset dan tv kecil ukuran 7 inch (perkiraan) tersedia film2 (termasuk lumayan baru), musik, show, games, dll serta yang kalah penting lavatory yang cukup bersih dan makan dan minum yang terbatas.

Waktu 5 jam dilewati dengan ngobrol sama teman sebelah yang kebetulan teman sekantor tapi beda bagian, nonton film “Hachiko“ si anjing loyal, dengarin musik, nonton show, tidur2an, ke lavatory beberapa kali, liat2 ke luar, isi form masuk hk, dll.

Perkiraan sampai di hk waktu setempat menunjukan jam 12an. Setelah stamp paspor kami menuju tempat pengambilan bagasi. Untungnya masih utuh dan setelah itu kami mondar mandir tidak tahu harus ke arah mana. Dan untungnya lagi kita dikasih 1 mulut untuk bisa bertanya. Pepatah mengatakan malu bertanya tidak sampai tujuan. Tanya2 akhirnya kami menuju lobby hotel regal airport menunggu shuttle bus gratis menuju hotel regal kowloon.

Sekali lagi perkiraan sampai di hotel regal kowloon skitar jam 2an, dan bete nya lagi mengurus check-in aja sampai benar2 di kamar hotel butuh 1 jam. Alasan punya alasan ternyata memang lagi full banget tuh hotel. Ngurus pembayaran yang total 5 malam butuh 7000an hkd. Wah angka yang fantastis buat saya. Stelah itu disuruh tunggu 15 menit lagi buat memberesin kamar, ya dikasih minuman compliment di café.

Setelah istirahat bentar di kamar, hamper jam 4 kami jalan2 sambil cari makan sore. Beli simcard setempat seharga 68 hkd (pccw, kalau gak salah). Makan bentar di resto Vietnam. Kemudian sesuai planning kami waktu minum di café hotel, kami akan menuju the peak alias puncaknya hk.

Untuk ke the peak butuh naek mtr dari stasiun mtr tsim sha tsui menuju stasiun central. Jalan kali bentar menuju the peak tram. Naik tram menuju the peak round way 36 hkd. Tiket masuk madame tussaud 160 hkd. Foto2 bareng artis2 di madame tussaud cukup memakan waktu dan gratis kecuali foto bersama idolaku semasa kecil, Jackie Chan. Tapi difotoin sih sama orang madame tussauds tapi untuk ambil fotonya harus bayar 100 hkd. Karena idolaku semasa kecil, foto bersama Jackie Chan jadi milikku. Abiz tuh jalan2 lihat pemandangan hk dari atas puncak, gedung2 tinggi penuh dengan lampu2 warna-warni.

Hari kedua sesuai rencana urusan kerjaan. Jam 10 pagi ketemuaan sama orang hk yang menjadi pic dalam kunjungan kali ini. Namanya JP. Diajaklah kami sarapan pagi egg pie + teh o susu ciri khas sarapan orang hk, setelah itu baru ke kantornya yang kebetulan disebelah gedung hotel. Dikantor yang lumayan besar untuk kantor cabang itu kami bertemu teman sesama dari Indonesia juga.

Setelah chit chat di kantor, kami menuju tempat expo yang menjadi tujuan utama kami ke hk. Expo di asia world expo (awe) ini jauh dari kota sekitar 1 jam perjalanan, berlokasi dekat bandara. Setelah sampe awe kami menyempatkan diri makan siang terlebih dahulu di tea inn, terminal 2 bandara. Expo yang bertajuk hongkong international printing & packaging fair ini berlangsung di hall 5 & 7 selama 4 hari 27-30 april 2010.

Setelah berkeliling melihat beraneka ragam produk printing & packaging, yang tidak jauh beda expo sejenis di ibukota Indonesia, Jakarta, kami pulang menuju hotel yang selanjutnya adalah acara dinner bersama. Total 18 orang yang ikut dalam dinner ini berlangsung cukup meriah di salah satu resto dekat hotel & branch office. Makanannya enak banget deh dan untungnya ada menu veggie nya juga. Ternyata tidak susah cari makanan veggie di hk, rata2 semua resto ada menu veggie nya.

Setelah itu kami menyempatkan diri berjalan2 mengeliling tepi laut perbatasan antara hongkong & kowloon yang terkenal dengan sebutan star avenue. Sepanjang jalan dihiasi dengan gedung2 tinggi penuh dengan lampu warna warni. Tidak kelupaan juga foto tangan super action, Jackie Chan Long.

Hari ke3 ke awe lagi. Giliran jaga booth yang minimalis tapi berisi. Pengalaman pertama jaga booth di luar negeri. Tidak jauh berbeda juga cih, cuma masih kurang knowledge about our group product aja (banyak banget cih). Pengalaman pertama yang menyenangkan dan orang2 branch yang luar biasa.

Setelah tugas selesai, tidak lupa kami untuk hunting barang murah di hk. Dengan ditemani oleh tante temanku yang mantan orang hk juga, sekarang di Guangzhou, kami berangkat menuju mongkok, salah satu pasar malam terkenal di hk. Walaupun ramai pengunjung tetapi karena telah tertata rapi sistemnya jadi tetap kelihatan rapi. Tidak kelupaan makan tahu busuk terkenal di hk. Kata orang baunya busuk banget tapi pas di makan uenak lor. Tapi setelah dicoba ternyata biasa aja. (kecewa mode on). Suasana malam yang luar biasa di mongkok.

Hari ke4 ganti haluan, dengan menggunakan kapal ferry dari kowloon menuju hongkong, kami berkunjung ke wan chai liat expo gift n premium, yang mengaku gift expo terbesar didunia. Dan benar, sampai capek kami jalan2 mengelilingi booth2 yang ada, dan tidak semua kami kunjungi. Memang luar biasa besarnya. Total ada 3 hall membuat gift expo ini sangat menarik perhatian pengunjung. Dan ada juga beberapa perusahaan dari Indonesia yang ikut serta dalam expo ini. Pokoknya 1 kata: besaaaarrrr!!!!

Hari ke5 saya sendiri ke awe untuk hari terakhir bertugas. Sendirian dengan baju batik khas Indonesia. Hari terakhir dan malam terakhir, tidak lupa jalan2 lagi ke pasar malam satu lagi di yau ma tei, yaitu temple street. Tempat belanja oleh2 kayak mong kok. Dengan acara nyasar, akhirnya ketemu juga temple street ini. Tidak seramai di mongkok tapi lumayan juga dengan barang-barang murahnya.

Setelah dari yau ma tei, saya menyempatkan diri untuk menyaksikan the symphony of light di star avenue tepat jam 8 malam waktu setempat. Pertunjukan lampu laser yang luar biasa menarik perhatian pengunjung. Sempat juga jalan2 disekitar hotel juga sekedar hang out untuk malam terakhir.

Hari ke6 pagi, check out trus ke airport terminal 1 menggunakan shuttle bus dari hotel dg waktu tempuh lebih kurang 1 jam. Check in di china airlines + nitip bagasi dulu karena pesawat jam 4an sore dan berencana ke ngong ping 360 yang ada big Buddha statue. Tanya sana sini akhirnya tau jalan menuju np360. Naek bis sampai terminal terus antri  naek cable car dan itu memakan waktu hamper 2 jam untuk membeli satu tiket pp. Pengalaman pertama antri selama itu hanya untuk membeli tiket. Wah….

Akhirnya naek juga ke cable car dg kapasitas 8 orang ini menuju np360 yang ditempuh dengan waktu lebih kurang 30 menit. Pemandangan yang luar biasa mantap dari atas cable car melihat dengan jelas bandara kebanggaan hk dan bukit yang luar biasa asri dan terjaga kelestariannya. Dari kejauhan terliat Buddha statue, yang terletak di bukit tertinggi. Dari np360 kita juga bisa heking menelusuri bukit antar bukit.

Karena antrian tadi, saya tidak mempunyai banyak waktu untuk menikmati np360. Dengan langkah yang lebih cepat saya menuju titik tertinggi. Langkah demi langkah saya lalui dengan keringat (tapi keringatnya tidak keluar karena dingin banget). Intinya foto. Haha….

Tiba saatnya meninggalkan hk. Jam 5 kurang menuju lokasi boarding, sempat keliling juga ke terminal 2 sekedar liat2 aja. Kembali lagi ke pesawat yang akan mengangkut saya kembali ke asalnya. Waktu 6 hari serasa singkat kalau untuk acara seperti ini. Mudah2an next time masih punya kesempatan seperti ini, walaupun ditempat yang berbeda, wkwkwka…. Ngarep banget ya. See you again, hongkong….

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: